Sponsor

Sabtu, 22 April 2017

Arsitektur Von Neumann

Arsitektur Von Neumann


Arsitektur komputer merupakan rencana cetak biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain. Arsitektur komputer memiliki beberapa contoh seperti Arsitektur Von Neumann. Dan disini kita akan membahas sekilas tentang Arsitektur Von Neumann.

A. Arsitektur Von Neumann 

Arsitektur komputer von neumann menjelaskan komputer dengan empat bagian utama.

          1. Memori 
     Memori memiliki tugas untuk menyimpan informasi dan data dalam bentuk biner. dan informasi yang bisa disimpan dalam satu sell diberi nama byte.

           2. Processor (CPU)
  Central Processing Unit atau unit pemroses pusat atau CPU berperan untuk memproses arahan melaksanakan pengiraan dan mengurus laluan informasi menelusuri system komputer. kemudian peranti pemrosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input, output dan storan bagi pelaksanaan arahan yang berkaitan. CPU sendiri memiliki beberapa bagian, yaitu :

   A. Arithmetic and Logic Unit ( ALU )
Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika yang terjadi sesuai instruksi program. sirkuit elektonik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi aritmatika ini disebut adder. seperti pengurangan, pembagian, dilakukan dengan dasar penjumlahan. tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika.

  B. Unit Kontrol / Control unit ( CU )
Unit kontrol mampu mengatur jalannya program. Komponen tersebut sudah pasti ada dalam setiap CPU. tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi - intruksi dari memori utama dan menentukan jenis intruksi tersebut. 

          3. Input Device
input device ialah suatu unit masukan yang berfungsi memasukkan data kedalam suatu memori untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan. data tersebut bisa berbentuk signal input dan maintenance input.

         4. Output Device 
output device ialah perangkat yang digunakan untuk menghasilkan keluaran. seperti : printer, spiker, monitor dan lain - lain. proses kerja output device dengan diawali dengan memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah hingga hasil dari data yang diolah akan disimpan dalam memori komputer / disk.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

gerbang logika dan jenis-jenisnya

GERBANG LOGIKA DASAR   DAN JENIS-JENISNYA  Pengertian Gerbang Logika Dasar  atau dalam bahasa inggris di sebut dengan Logic Gate adal...

Cari Blog Ini

Blog Archive

Latest Posts

Videos

Technology

Sports

Business

Header Ads

html

Nature

Comments

About Sure Mag

Pages

Most Popular