Sponsor

Sabtu, 22 April 2017

gerbang logika dan jenis-jenisnya

GERBANG LOGIKA DASAR 
 DAN JENIS-JENISNYA 

Pengertian Gerbang Logika Dasar  atau dalam bahasa inggris di sebut dengan Logic Gate adalah dasar pembentukan Sistem Elektronika Digital yang berfungsi untuk mengubah satu atau beberapa Input(masukan) menjadi sebuah sinyal Output(keluaran)logis. Gerbang logika beroperasi berdasarkan sistem bilangan biner yaitu bilangan yang hanya memiliki 2 kode simbol yakni 0 dan 1 dengan menggunakan teori Aljabar Boolean.
gerbang logika yang diterapkan dalam Sistem Elektronika Digital pada dasarnya menggunakan Komponen-komponen Elektronika seperti Integrate Circuit(IC).

Jenis-jenis Gerbang Logika Dasar dan Simbolnya
 Terdapat 7 jenis Gerbang logika dasar yang membentuk sebuah Sistem Elektronika Digital yaitu :
1. Gerbang AND 

Gerbang AND memerlukan 2 atau lebih Masukan(Input)untuk menghasilkan hanya 1 keluaran(output).gerbang AND akan menghasilkan Keluaran(Otput)logika 1 jika semua masuk (Input)bernilai logika 1dan akan menghasilkan Keluaran (Output)logika jika salah satu dari masukan(input)bernilai logika 0.Simbol yang menandakan Operasi Gerbang Logika AND adalah titik(".")atau tidak memakai tanda sama sekali.

2.  Gerbang OR(OR Gate)

Gerbang OR memerlukan 2 atau lebih Masukan(Input)untuk menghasilkan hanya 1 Keluaran (output).gerbang OR akan menghasilkan Keluaran (output)1 jika salah satu dari masukan(input)bernilai Logika 1 dan jika ingin menghasilkan Keluaran(output)logika 0 maka semua masukan (input) bernilai Logika 0




0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

gerbang logika dan jenis-jenisnya

GERBANG LOGIKA DASAR   DAN JENIS-JENISNYA  Pengertian Gerbang Logika Dasar  atau dalam bahasa inggris di sebut dengan Logic Gate adal...

Cari Blog Ini

Blog Archive

Latest Posts

Videos

Technology

Sports

Business

Header Ads

html

Nature

Comments

About Sure Mag

Pages

Most Popular