Sponsor

Jumat, 07 April 2017

Komputer Masa kini dan masa depan

Komputer Masa kini dan masa depan


            Komputer, berasal dari bahasa latin “ computare “ yang berarti alat hitung. Pada zaman sekarang siapa yang tidak mengenal komputer. Tua, muda, bahwkan anak kecil sekalipun sudah sangat familiar dengan alat ini. Komputer sendiri mengalami banyak perkembangan dari masa ke masa. Pada zaman dahulu, sebelum manusia mengenal komputer mereka menggunakan abacus sebagai alat untuk menghitung. Abacus sendiri adalah cikal bakal terbentuknya mesin komputasi (perhitungan). Komputer diciptakan saat perang dunia ke II yang digunakan untuk mengeksploitasi potensi strategi yang dimiliki komputer. Komputer mengalami perkembangan hingga 5 generasi. Electronic Numerical Integrator dan Calculator (ENIAC) merupakan generasi pertama komputer digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum. Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU. Central Processing Unit adalah mesin pertama yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem dalam komputer. Dan dari generasi ke generasi komputer terus mengalami perkembangan. Hingga pada generasi keempat mulai ditemukanlah istilah personal computer atau PC. Bukan hanya itu saja, pada generasi ini pula muncullah komputer yang mudah dibawa kemana – mana, yaitu laptop. 
 
Sedangkan komputer generasi kelima adalah komputer yang saat ini sedang dikembangkan oleh para vendor komputer, yang saat ini sudah banyak digunakan oleh manusia. Komputer masa kini. Pada komputer generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan yang dinamakan josephson junction. Komputer ini juga akan dapat menerjemahkan bahasa manusia. Sehingga pada komputer ini kita akan merasa becakap – cakap. Dan pada tahun 1993 Intel memperkenalkan prosesor 586 yang dikenal dengan komputer pentium 1 sampai 4. Gambar – gambar yang ditampilkanmenjadi lebih halus dan tajam. Dan bukan hanya itu saja kecepatan memproses, mengirim dan menerima menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang yaitu mikrooptik serta input-output audio yang kemungkinan besar akan diggunakan pada komputer masa depan. Saat ini para ilmuwan komputer sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh user. Komputer tanpa program ini bisa saja menjadi ciri utama komputer masa depan. Melihat perkembangan komputer dari generasi ke generasi yang berkembang sangat pesat tidak menutup kemungkinan komputer masa depan akan lebih canggih dan murah. Serta memiliki kemampuan mendengar, berbicara, berfikir dan membuat kesimpulan seperti manusia. Dari ini kita dapat menarik kesimpulan bahwa komputer masa depan memiliki kecerdasan yang dimiliki manusia. Kelbihan lainnya ialah dapat berkomunikasi langsung dengan manusia dan bentuknya akan semakin praktis. Diprediksi bahwa komputer masa depan akan menggunakan bahan yang berasal dari glass. Jika seperti ini, maka keyboard dimasa depan tidak perlu menggunakan kabel bahkan diprediksi akan ada mobil dan sepeda terbang.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

gerbang logika dan jenis-jenisnya

GERBANG LOGIKA DASAR   DAN JENIS-JENISNYA  Pengertian Gerbang Logika Dasar  atau dalam bahasa inggris di sebut dengan Logic Gate adal...

Cari Blog Ini

Blog Archive

Latest Posts

Videos

Technology

Sports

Business

Header Ads

html

Nature

Comments

About Sure Mag

Pages

Most Popular