Sponsor

Jumat, 31 Maret 2017

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER(HARDWARE & SOFTWARE)

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER(HARDWARE & SOFTWARE)

A.    PERKEMBANGAN HARDWARE

1.      Komputer Generasi I (1946 – 1959)
Awal mulanya komputer generasi pertama ini adalah saat terjadinya Perang Dunia ke II,negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan untuk memaksimalkan kemampuan dalam mengatur strategi yang di miliki komputer.
Ciri-ciri komputer gernerasi pertama :
o   Ukuran fisiknya besar
o   Kecepatan proses lambat
o   Cepat panas
o   Membutuhkan listrik yg besar
o   Memorinya mengunakan Magnetic core storange
Gambar komputer generasi pertama



2.      Komputer Genaraasi II (1959 – 1964)
Pembuatan komputer generasi kedua ini merupakan pengembangan dari komputer generasi pertama yang di buat untuk menyempurnakan bentuk dari komponen dan penggunaan listrik yang lebih hemat. Komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini yaitu: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi dan program.
Ciri-ciri komputer generasi ke dua:
o   Ukuran fisik lebih kecil
o   Kecepatan prosesnya lebih cepat
o   Tidak cepat panas
o   Membutuhkan listrik lebih sedikit
Gambar komputer generasi ke dua

3.      Komputer generasi III (1965 – 1970)
Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen dalam satu tempat dan di sempurnakan tampilan dari komputer tersebut.selain itu,komputer generasi ketiga telah di buat penyimpanan memorinya lebih besar dan di letakkan di luar (eksternal)penggunaan listriknya lebih hemat di bandingkan komputer genersi kedua dan ukuran fisiknya dibuat lebih kecil.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga:
o   Kecepatan prosesnya lebih cepat
o   Membutuhkan listrik lebih hemat
o   Dapat di gunakan untuk multi procesing dan multi programming.
Gambar komputer generasi ketiga


4.      Komputer generasi ke IV (1979 sampai sekarang)
Komputer generasi keempat merupakan pengembangan dari komputer ketiga. Komputer ini di buat dengan menggabungkan beberapa IC yang di padatkan, yang dalam komputer generasi ketiga belum dapat di gabungkan.
Ciri-ciri komputer generasi keempat
o   Telah menggunakan LSI(Large Scale Integration)yaitu penggabungan beribu-ribu IC yang dipadatkan dalam 1 buah chip
o   Chip yang di gunakan telah berbentuk segi empat yang membuat rangkaian terpadu .
Gambar komputer generasi ke empat


B.     SEJARAH PERKEMBANGAN SOFTWARE KOMPUTER

Software komputer adalah kumpulan dari pada intruksi atau statement yang di susun secara logis dan berbentuk kode yang hanya dapat di mengerti oleh komputer. Software komputer ini berangsur angsur mengalami peningkatan atau perubahan dari tahun ke tahun dalam perkrmbangannya. Sejarah perkembangan Software Komputer di bagi dalam beberapa era yaitu Era pionerr, Stabil,Mikro,dan Modem.
1.      Era Pioneer
Pada Era ini di bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan  kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung sebuah program di gunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu.
2.      Era Stabil
Pada Era ini baris-baris perintah software komputer yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan(multitasking). Software pada era ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna secara cepat dan di era ini juga di kenal sistem basis data yang memisahkan antara program dan data.
3.      Era Mikro
Pada Era ini software komputer dapat di bedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem(Windows,Linux,Machintos,dll),Software Aplikasi(Ms,Office,OpenOffice,dll)dan Laguage Software/Bahasa pemrograman(Assembler,Visual Basic, Delphi,dll)
4.      Era Modern
Pada Era ini software komputer tidak hanya untuk sebuah komputer tatapi sebuah handphone pun telah di lengkapi sengan sebuah software sistem seperti Android, Symbian,dll. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh software komputerpun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal suara dan gambar .



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

gerbang logika dan jenis-jenisnya

GERBANG LOGIKA DASAR   DAN JENIS-JENISNYA  Pengertian Gerbang Logika Dasar  atau dalam bahasa inggris di sebut dengan Logic Gate adal...

Cari Blog Ini

Blog Archive

Latest Posts

Videos

Technology

Sports

Business

Header Ads

html

Nature

Comments

About Sure Mag

Pages

Most Popular