Sponsor

Kamis, 30 Maret 2017

Sejarah Komputer

Perkembangan Komputer (Hardware dan Softawre)
      
*↪Perkembangan Hardware :

➥1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959) Pada masa ini komputer masih belum dapat memproses masalah-masalah yang besar. Dalam menjalankan proses nya komputer tersebut masih membutuhkan komponen yang besar-besar. Serta masih mengandalkan ruang tabung hampa atau biasa disebut dengan tube vakum.



➥2.   Komputer Geerasi Kedua (1957-1963) Tube vakum pada generasi ini diganti dengan menggunakan transistor dan diode yang digunakan untuk melakukan proses informasi dan penyimpanan. Tenaga yang digunakan lebih sedikit dan kapasitas penyimpana lebih besar dibandingkan dengan generasi yang pertama.




➥3.   Komputer Generasi Ketiga (1964-1975) IC atau (Itergrated circuit) sudah mulai digunakan pada computer generasi ketiga. Kapasitas penyimpanannya pun bertambah besar dari generasi yang kedua. Pada generasi ini pula software mulai diperkenalkan.



➥4.   Komputer Generasi Keempat (1980-Saat ini) Seiring dengan berkembangnya perkembangan computer dari generasi kegenerasi yang digunakan sebagai pemrosesan data semakin cepat. Komputer generasi ini telah menggunakan teknologi Very Large-Scale Integrated Circuits (VLSIC).  Teknologi ini mampu menyimpan jutaan circuit dalam satu chip. Ukuran penyimpanan nya pun mempunyai kapasitas yang besar dengan kecepatan jutaan perintah perdetik.





↪  Perkembangan Software :
Software adalah perangkat lunak dari sebuah perangkat computer yang tidak memiliki wujud fisik. Dalam software terdapat jutaan baris kode yang dirancang oleh manusia. Sejarah software terbgai menjadi beberapa era perkembangan.

➥1.   Era Pioneer (Pemula)
Awalnya bentuk software adalah sambungan-sambungan kabel ke antarbagian kmoputer. Carca dalam mengakses nya adalah dengan menggunakan punched card sebuah kartu yang dilubangi. Pada era ini software computer merupakan satu kesatuan dengan sebuah hardware computer.

➥2.  Era Stabil
Computer pada era ini semakin populer. Kaum akademis dn peneliti sudah menggunakannya untuk keutuhan sebuah industry. Pada era ini pula software computer yang dijalankan tidak lagi satu-satu melainkan sudah banyak proses yang dijalankan dalam waktu yang bersamaan (multi tasking). Pada era inn pula software mulai mengenal system basis data.

➥3.  Era mikro
Pada era mikro ini pembagian software dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (Windows, Linux, Machintos, dll), Software aplikasi (Ms.Office, OpenOffice, dl) dan Bahasa pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll).

➥4.  Era Modern
Software yang kita  jalani saat ini adalah termasuk kedalam software era modern. Saat ini software tidak hanya dapat digunakan pada media perangkat lunak namun juga dapat digunakan pada media peragkat keras. Software pun kini telah banyak digunakan pada mobile, TV, AC, Mesin Cuci, hingga oven. Software computer kini juga dapat mengenal suara dan gamabar. Tingkat kecerdasan yang ditunjukan oleh software computer memang benar-benar semakin meningkat.



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

gerbang logika dan jenis-jenisnya

GERBANG LOGIKA DASAR   DAN JENIS-JENISNYA  Pengertian Gerbang Logika Dasar  atau dalam bahasa inggris di sebut dengan Logic Gate adal...

Cari Blog Ini

Blog Archive

Latest Posts

Videos

Technology

Sports

Business

Header Ads

html

Nature

Comments

About Sure Mag

Pages

Most Popular